Thursday, March 20, 2014

Alfabet Cyrillic

Kali ini saya ingin membahas mengenai bahasa Rusia. Bahasa yang unik dan sangat menarik untuk dipelajari :)))
Bahasa Rusia, selain digunakan oleh negara Rusia, masih digunakan beberapa negara pecahan Uni Soviet. Sebagai gambaran umumnya, penulisan bahasa Rusia tidak menggunakan alfabet latin, alfabet yang digunakan adalah сyrillic
Well, hal pertama yang harus dilakukan untuk mempelajari bahasa Rusia adalah menghafal cyrillic
Dibawah ini saya sertakan alfabet cyrillic dengan transliterasinya yang berasal dari buku Russische Gramatika ( A.A. Barrentsent dkk., 1976: 33-35).

Tabel Sistem Transliterasi Bahasa Rusia Modern

No
Bahasa Rusia
Transliterasi
Realisasi
1
А а
A
[a]
2
Б б
B
[b]
3
В в
V
[v]
4
Г г
G
[g]
5
Д д
D
[d]
6
Е е
E
[ε, e]
7
Ё ё
E
[o]
8
Ж ж
Ž
[ž]
9
З з
Z
[z]
10
И и
I
[i]
11
Й й
J
[j]
12
К к
K
[k]
13
Л л
L
[l]
14
М м
M
[m]
15
Н н
N
[n]
16
О о
O
[o, α]
17
П п
P
[p]
18
Р р
R
[r, R]
19
С с
S
[s]
20
Т т
T
[t]
21
У у
U
[u, υ]
22
Ф ф
F
[f]
23
Х х
X
[x]
24
Ц ц
C
[ts]
25
Ч ч
Č
[tš]
26
Ш ш
Š
[š]
27
Щ щ
ŠČ
[ščš]
28
Ъ ъ
-
29
Ы ы
Y
[ω]
30
Ь ь
-
31
Э э
É
[ι]
32
Ю ю
Ju
[iu]
33
Я я
Ja
[ia]

Asalkan rajin latihan, minimal tiga hari sudah bisa hafal dan menulis dengan cyrillic. Setelah hafal ke-33 alfabet. Cobalah menulis nama sendiri menggunakan alfabet Rusia itu.

Contoh, nama saya:
THIA à ТХИА

Contoh lainnya, Latihan menulis kalimat bahasa Indonesia dengan cyrillic:
HARI INI SAYA PERGI KE SEKOLAH  à ХАРИ ИНИ САЯ ПЕРГИ КЭ СЭКОЛАХ

Sekian mengenai alfabet cyrillic, dilain kesempatan saya akan memperkenalkan kata-kata dan ungkapan dalam bahasa rusia.










0 comments:

Post a Comment